Infomasi Ter-Uptodate

Senin, 09 Juni 2014

Sukses Tembus TPA di SBMPTN (2)

Sukses Tembus TPA di SBMPTN (2) Soal-soal TPA mungkin terlihat rumit, tapi sebenarnya bisa ditaklukkan dengan mudah. (Foto: dok. Indonesia Duniaku ) JAKARTA - Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) atau yang biasa disebut Tes Kompetensi Akademik (TPA) tak jarang menjadi momok bagi para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tapi, ada cara tertentu untuk sukses melewati ujian tulis pada 17 Juni 2014 itu.



Menurut laman Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Lampung (BAAK Unila), ada tujuh resep jitu melewati TPA dalam SBMPTN. Setelah percaya diri, konsentrasi, cermat, dan bersikap tenang, berikut tiga tips lain yang bisa Anda tiru.



5. Teliti



Dalam TKPA atau TPA, Anda akan menjumpai banyak angka, gambar, dan simbol yang bentuknya hampir sama satu sama lain sehingga cukup membingungkan. Di sinilah ketelitian Anda diuji untuk menjawab soal. Jangan gegabah menyimpulkan atau menentukan jawaban tapi periksa dengan seksama soal dan pilihan jawaban yang tersedia.



6. Bekerja sendiri



Jangan sekali-kali menyontek jawaban orang lain. Sebab kalau itu dilakukan justru Anda yang akan merasa rugi. Anda akan kehilangan waktu dan konsentrasi. Oleh karena itu, pikirkan dan kerjakan soal-soal Anda sendiri sebisa mungkin.



7. Ikuti petunjuk



Ikutilah petunjuk dari penguji dan juga petunjuk dari soal. Bila perlu, tanyakan kembali pada penguji ketika dia memberi instruksi yang kurang Anda pahami.



Selain TKPA, peserta SBMPTN tahun ini juga akan mendapatkan materi TKD yang merupakan singkatan dari Tes Kemampuan Dasar. Untuk TKD Saintek terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sementara TKD Soshum meliputi mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Kemudian campuran akan menerima materi kedua jurusan tersebut.



Nah, bagi mereka yang memilih prodi seni dan olahraga juga wajib mengikuti ujian keterampilan yang memiliki bobot 60 persen dari total nilai. Ujian keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.



Sedangkan ujian keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. So, selamat mencoba!





Ikuti Try Out SBMPTN 2014 Hanya di Kampus Indonesia Duniaku (rfa)

Original Post: http://kampus.okezone.com/read/2014/06/09/560/996036/sukses-tembus-tpa-di-sbmptn-2

Sukses Tembus TPA di SBMPTN (2) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar